REFLEKSI DWI MINGGUAN KE-10-Modul 3.3

REFLEKSI DWI MINGGUAN KE-10-MODUL 3.3 

Pemimpin dalam Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid 
Nama CGP: Ida Faridlah 
SMPN 2 Tarogong Kidul 
Untuk menggambarkan Refleksi dwi mingguan ke-10 ini, saya menggunakan model 4F (Fact, Feeling, Findings, Future) merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Dalam model refleksi 4F ini dapat diterjemahkan menjadi 4P yang terdiri dari Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan. Pada modul 3.3 yang saya dapatkan dalam mempelajari modul ini yaitu materi pengelolaan program yang berdampak pada murid. Berikut saya paparkan refleksi Dwi Mingguan ke-10, mulai dai Fact, Feeling, Findings, sampai Future:
Fact (Peristiwa):
Dalam modul 3.3, saya mempelajari tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid. Salah satu topik yang dijelaskan adalah konsep kepemimpinan murid atau student agency, di mana murid diberi kesempatan untuk mengambil peran aktif dalam pembelajaran mereka. Dalam konteks ini, murid memiliki kebebasan untuk menyuarakan pendapat, memilih jalannya pembelajaran, dan merasa memiliki keterlibatan penuh.
Feeling (Perasaan):
Setelah mempelajari modul ini, saya merasa puas dan gembira karena telah meningkatkan pemahaman dan wawasan saya sebagai pendidik. Saya juga merasa antusias karena memahami betapa pentingnya memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam mengelola pembelajaran secara mandiri.
Findings (Pembelajaran):
Dari modul 3.3 ini, saya belajar mengenai pentingnya memberikan murid "suara," "pilihan," dan "kepemilikan" dalam merancang program yang berdampak pada mereka melalui pendekatan student agency. Saya juga mempelajari pentingnya melakukan analisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman (analisis SWOT) dalam mengoptimalkan program yang berdampak pada murid. Modul ini juga memberikan pemahaman tentang strategi MELR (monitoring, evaluation, learning, and reporting) dalam mengelola program tersebut. Saya menyadari bahwa lingkungan yang mendukung pengelolaan program yang berdampak pada murid memiliki karakteristik penting, seperti memberikan kesempatan bagi murid untuk mengembangkan pola pikir positif, merasakan emosi positif, mengembangkan keterampilan sosial, serta membuka wawasan dan tujuan yang bermanfaat bagi murid.
Future (Penerapan):
Setelah mempelajari modul ini, saya berencana untuk menerapkan konsep-konsep yang telah saya pelajari di sekolah. Saya ingin berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk mengembangkan program-program yang berpihak pada murid, dengan memperhatikan karakteristik lingkungan yang mendukung. Selain itu, saya juga berkeinginan untuk berbagi praktik-praktik ini kepada rekan-rekan saya agar mereka juga dapat menerapkan pendekatan yang sama dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid.

Comments

Popular posts from this blog

RENCANA PROGRAM PS SMP

Cara Menyusun Modul Ajar