GAYA HIDUP BERKELANJUTAN melalui Penerapan Program LESTARI

PROGRAM LESTARI (Aplikasi dari P5)

Tema: GAYA HIDUP BERKELANJUTAN


Berikut adalah target rencana program secara bertahap untuk menerapkan program LESTARI selama tiga bulan:

Bulan Pertama:

  1. Target: Sosialisasi Program LESTARI

    • Melibatkan murid, orang tua, dan staf sekolah dalam pertemuan khusus untuk memperkenalkan program LESTARI.
    • Menjelaskan tujuan, manfaat, dan langkah-langkah program kepada semua pihak terkait.
    • Menyampaikan pesan-pesan tentang keberlanjutan dan pentingnya mengadopsi gaya hidup berkelanjutan.
  2. Target: Penyusunan Materi Pembelajaran. Menyusun materi yang menarik dan informatif tentang sumber daya alami, limbah, pengolahan sampah, dan alternatif penggunaan anorganik.Memilih metode pembelajaran yang interaktif, seperti diskusi kelompok, penugasan individu, atau demonstrasi praktis.Menyusun rencana integrasi aktivitas nyata, seperti pengumpulan sampah organik, pembuatan kompos, atau menghias lingkungan sekolah dengan benda daur ulang.

Bulan Kedua:

Target: Implementasi Materi Pembelajaran

Memulai proses pembelajaran tentang isu-isu lingkungan dan gaya hidup berkelanjutan menggunakan materi yang telah disusun.
Melibatkan murid dalam diskusi, penugasan, dan kegiatan praktis untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang dampak anorganik dan cara mengadopsi gaya hidup berkelanjutan.
Target: Pelibatan Orang Tua dan Komunitas

Bulan Ketiga:

Target: Evaluasi Program dan Umpan Balik

Melakukan evaluasi formatif untuk memantau progres dan efektivitas program selama tiga bulan.
Menerima umpan balik dari murid, orang tua, dan staf sekolah tentang manfaat dan perubahan perilaku yang terjadi setelah mengikuti program.
Menganalisis umpan balik tersebut untuk mengidentifikasi keberhasilan dan kelemahan program serta peluang perbaikan di masa depan.

Target: Aksi Lanjutan dan Perbaikan Program

Berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik, menyusun rencana perbaikan program di masa depan.
Melakukan pemantauan terhadap perubahan perilaku murid dalam mengurangi penggunaan anorganik di lingkungan sekolah dan tempat tinggal mereka.
Mengintegrasikan program LESTARI dengan kurikulum sekolah untuk memastikan kesinambungan pengajaran dan pembelajaran terkait lingkungan hidup.

Target: Apresiasi dan Penghargaan

Mengadakan acara apresiasi atau sertifikat penghargaan untuk murid, guru, dan staf sekolah yang berkontribusi dalam keberhasilan program LESTARI.
Memberikan penghargaan atau pengakuan kepada murid yang aktif berpartisipasi dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan.
Melalui penghargaan, meningkatkan motivasi dan kebanggaan murid dalam melakukan perubahan positif.
Dengan merencanakan program secara bertahap, mengikuti target-target ini secara progresif, dan mengadaptasi program sesuai dengan umpan balik dan evaluasi, diharapkan program LESTARI dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan gaya hidup berkelanjutan pada murid.

Bulan keempat Target Rencana Program LESTARI:

Target: Implementasi Aksi Lanjutan dan Perbaikan Program

Melanjutkan implementasi perbaikan program yang telah disusun berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik dari bulan sebelumnya.
Menyusun rencana tindakan lebih lanjut untuk memastikan kesinambungan program setelah periode empat bulan berakhir.
Target: Penyebaran Hasil Program LESTARI
Menggunakan berbagai media untuk menyebarkan informasi tentang hasil dan manfaat program LESTARI, seperti melalui papan pengumuman, website sekolah, newsletter, atau media sosial.
Membuat materi edukatif yang menarik, seperti poster, brosur, atau infografis, untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada murid, orang tua, dan masyarakat tentang isu-isu lingkungan dan gaya hidup berkelanjutan.

Target: Persebaran Program LESTARI ke Lingkungan Sekitar

Mengajak sekolah lain dan komunitas sekitar untuk mengadopsi program LESTARI atau memodifikasi program serupa sesuai kebutuhan mereka.
Membagikan pengalaman dan pembelajaran dari program LESTARI kepada pihak-pihak terkait agar dapat diadopsi di lingkungan yang lebih luas.
Target: Evaluasi Akhir dan Refleksi
Melakukan evaluasi sumatif untuk mengukur pencapaian tujuan program secara keseluruhan setelah periode empat bulan berakhir.
Mengadakan sesi refleksi dengan murid, orang tua, dan staf sekolah untuk mendapatkan umpan balik lebih lanjut tentang manfaat dan keberhasilan program serta tantangan yang dihadapi selama implementasi.

Target: Perencanaan Masa Depan

Menggunakan hasil evaluasi dan umpan balik untuk merencanakan program keberlanjutan di masa depan.
Melibatkan pihak-pihak terkait dalam menyusun rencana aksi dan sumber daya untuk melanjutkan dan mengembangkan program LESTARI di sekolah dan komunitas.
Dengan mencapai target-target ini pada bulan keempat, diharapkan program LESTARI dapat memberikan dampak jangka panjang dan berkelanjutan dalam meningkatkan pemahaman tentang lingkungan dan mendorong gaya hidup berkelanjutan pada murid, orang tua, dan seluruh komunitas sekolah

Berikut adalah pemetaan atau target bulanan yang lebih sederhana dan berkesinambungan untuk program LESTARI selama empat bulan:

Bulan ke 1:

Sosialisasi Program LESTARI kepada murid, orang tua, dan staf sekolah.
Menjelaskan tujuan, manfaat, dan langkah-langkah program kepada semua pihak terkait.
Penyusunan materi pembelajaran tentang sumber daya alami, limbah, pengolahan sampah, dan alternatif penggunaan anorganik.

Bulan ke 2:

Implementasi materi pembelajaran dengan metode interaktif, seperti diskusi kelompok dan kegiatan praktis.
Melibatkan murid dalam tindakan nyata seperti pengumpulan sampah organik, pembuatan kompos, atau menghias lingkungan sekolah dengan benda daur ulang.
Melibatkan orang tua dan komunitas dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah atau pengolahan sampah.

Bulan ke 3:

Evaluasi program secara formatif untuk memantau progres dan efektivitas program.
Menerima umpan balik dari murid, orang tua, dan staf sekolah tentang manfaat dan perubahan perilaku yang terjadi.
Merencanakan perbaikan program berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik.

Bulan ke 4:

Implementasi aksi lanjutan dan perbaikan program.
Menyebarluaskan hasil program LESTARI melalui media dan materi edukatif.
Melibatkan sekolah lain dan komunitas sekitar untuk mengadopsi program LESTARI atau modifikasi sesuai kebutuhan mereka.
Evaluasi sumatif untuk mengukur pencapaian tujuan program secara keseluruhan.
Refleksi dengan murid, orang tua, dan staf sekolah tentang manfaat dan tantangan selama program berjalan.
Dengan mengikuti pemetaan dan target bulanan ini, diharapkan program LESTARI dapat berjalan secara berkesinambungan, memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan, dan mendorong adopsi gaya hidup berkelanjutan pada semua pihak terkait.

Penilaian projek penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk murid harus mencakup berbagai aspek yang relevan dengan tujuan dan karakteristik proyek tersebut. Berikut adalah beberapa elemen yang dapat menjadi bagian dari penilaian projek:

Penguasaan Materi Pancasila:

Evaluasi pemahaman murid tentang nilai-nilai Pancasila dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Pengukuran kemampuan murid untuk menjelaskan makna dan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan panduan moral dalam berinteraksi dengan sesama.

Partisipasi dan Keterlibatan:

Menilai tingkat partisipasi murid dalam kegiatan proyek, baik dalam pembelajaran, diskusi, atau kegiatan praktis.
Mengukur keterlibatan murid dalam berbagai tahap proyek dan apakah mereka aktif dalam memberikan ide atau kontribusi.

Kreativitas dan Inovasi:

Menilai tingkat kreativitas dan inovasi yang ditunjukkan murid dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam proyek mereka.
Mengukur sejauh mana murid dapat memberikan ide-ide baru dan solusi kreatif terkait isu-isu sosial dan moral yang relevan dengan Pancasila.

Komunikasi dan Kolaborasi:

Mengamati kemampuan murid dalam berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan proyek.
Menilai apakah murid dapat menyampaikan ide-ide mereka dengan jelas dan efektif kepada orang lain.

Penerapan Nilai-Nilai Pancasila:

Mengamati bagaimana murid menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata, baik di sekolah, keluarga, atau masyarakat.
Evaluasi apakah murid mampu menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan atau situasi konflik.

Tanggung Jawab dan Etika:

Menilai tingkat tanggung jawab murid dalam menyelesaikan tugas-tugas proyek dan menghormati nilai-nilai etika yang dijunjung tinggi dalam Pancasila.
Pengamatan apakah murid bertindak secara jujur, adil, dan bertanggung jawab dalam interaksi mereka dengan orang lain.

Presentasi dan Ekspresi Diri:

Menilai kemampuan murid untuk menyajikan hasil proyek secara persuasif dan menarik.
Mengukur sejauh mana murid dapat mengungkapkan pemikiran dan perasaan mereka terkait nilai-nilai Pancasila dengan jelas dan meyakinkan.

Dampak dan Pembelajaran:

Mengamati dampak proyek dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran murid tentang Pancasila.
Evaluasi apakah proyek ini berhasil memberikan pembelajaran yang berharga dan bermanfaat bagi murid dalam memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila.
Penilaian projek penguatan Profil Pelajar Pancasila harus berfokus pada mengukur sejauh mana murid dapat menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam perilaku dan tindakan mereka. Selain itu, penilaian juga harus berpusat pada proses pembelajaran dan pengembangan sikap, bukan hanya pada hasil akhir proyek. Hasil penilaian ini dapat menjadi dasar bagi guru dan staf sekolah untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proyek serta mengoptimalkan program di masa depan.

Comments

  1. MasyaAllah,sangat mantap Program Lestari nya Bu, khususnya saya tertarik pada pengolahan sampah an organik nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

RENCANA PROGRAM PS SMP

Cara Menyusun Modul Ajar